RASULULLAH IDOLA KITA

Rasulullah Saw, Idola Terbaik Sepanjang Zaman

Mengapa kita Harus Mengidolakan Muhammad Saw?

Apa yang bakalan teman-teman jawab, kalo pada suatu hari yang cerah, angin bertiup sepoi-sepoi, burung-burung berkicau, sinar matahari menerobos ranting pohon (ihs, gak penting dech!) ada seseorang yang bertanya seperti ini, “ siapa sih idola kamu?” yakin, mayoritas agan-agan semua bakalan ngejawab dengan tegas dan lantang bagai seorang panglima di Medan Sumatera Utara (*lho??), “ Rasulullah Saw!” dan sebagian yang lain, pasti bakalan nyebutin para tokoh-tokoh lain, yang diidolakannya, mulai dari tokoh olahraga, tokoh politik, tokoh ilmuwan, tokoh musik, tokoh kelontong (hehehe..sori, kalo yang ini maksudnya “toko”).

Tapi…bagi teman-teman yang ngejawab, “ Rasulullah” bisa yakin juga?, kalo apa yang diucapin tadi bisa selantang yang ada di dalam hati? Atau jangan-jangan kamu ngejawab gitu, supaya gak dicap sebagai Islam abangan (padahal Islam abangan kan statusnya lebih senior daripada Islam adekan). Supaya tau jawaban kamu tadi beneran atau jawaban jadi-jadian, gampang kok, jawab aja pertanyaan lanjutannya, “kalo idolamu Rasulullah, kenapa kamu mengidolakannya,?apanya yang keren dari Rasulullah, apa aja yang udah kamu tiru darinya?”

Coba liat deh, teman-temanmu yang dengan bangga menjadikan seleb-seleb luar dan dalam nnegeri sebagai idola mereka. Demi nunjukin cintanya pada sang idolanya, mereka rela ngerebonding rambut, masang anting di lidah sama pusar, mentato sekujur tubuh, pake baju yang kekurangan bahan dan laen-laen yang bisa membuat mereka semakin mirip sama idolanya. Sementara kamu yang ngaku mengidolakan rasulullah bahkan nggak tau gimana model rambut Rasulullah (tapi hapal jumlah helai rambutnya David Beckham: kalo lagi botak,hehehe), trus kamu juga gaj tau baju warna apa yang paling disukainya, gak tau cara berjalannya, cara makannya, cara bicaranya, makan kesukaannya. Intinya, kamu gak tahu apa-apa soal Rasulullah! Trus dari mana kamu bisa ngaku ngefans sama Rasulullah? Dari Hongkong?!!

Kenapa Harus dia?!

Nah lo, di sinilah pentingnya kita perlu tahu, kenapa kita harus mengidolakannya, soalnya, kan banyak orang berprestasi di dunia ini?!. Dalam bukunya Gue Never Die, mas Salim A. Fillah, seorang idola setidaknya harus memenuhi empat syarat berikut:

1.   Dia itu tokoh nyata, bukan Fiksi

       Kasian, mereka yang mengidolakan Harry Potter pasti kesusahan, soalnya mereka pasti gak bisa terbang pakesapu dan main Quidditch sepertinya, paling-paling Cuma bisa make kostum sihir dan sapu terbang. Tapi aneh kan, kalo jalan-jalan ke mall pake kostum tersebut, pak bawa sapu segala lagi..! beruntung bangetz kalo dipanggil nenek sihir atau kakek sihir, tapi kalo sampe dikirain petugas sapu jalan? Gimana? Atau orang yang mengidolakan Barbie Rapunsell, dia bakalan ngerogoh koceknya mulai jutaan sampai milyaran rupiah, hanya biar bisa punya penampilan seperti miss Barbie, tapi kita kemana-kemana kan gak mungkin pake kostum seprti it uterus menerus, atau yang mengidolakan Naruto, dia harus bisa lari-lari dengan kedua tangan arahkan ke belakang sambil loncat-loncat dari satu dahan pohon ke dahan pohon yang lain..

       Raslullah bukan tokoh fiktif bray! Gak berasal dari negeri dongeng, semua ahli sejarah mengakui keberadaannya dan mengakui kepiawaiannya, membangun dan mengatur dunia Arab dari keterpurukan masa jahiliyah. Kita juga gak perlu nyari kostum yang macam-macam kan? Pakaiannya sederhana aja koq, tapi bersih, rapi, dan wangi.

2.    Tidak bercela

       Gawat kan kalo idola kita berbuat salah dan kita ngikut juga?! Seperti peribahasa, guru kencing berdiri, murid kencing bersalto (improvisasi) makanya kita butuh idola yang semua tingkah lakunya tidak bercela.

       Hitler emang bukan tokoh fiksi, tapi alangkah bahayanya kalo mengidolakannya, sebentar-sebentar tangan kita pada kram, karena seharian gak nembak orang. Gimana dengan Rasulullah, beliau bukan tidak pernah berbuat salah, tapi ketika berbuat salah, beliau langsung ditegur dan diluruskan sama Allah Subhanahu wa ta’ ala. Istilah kerennya ma’shum. Ini Allah lakukan karena rasul kita emang disiapkan untuk jadi patron seluruh umat sampai kiamat nanti.

3.    Manusia biasa.

       Ngapain ngidolain yang gak bakalan kesampaian? Malaikat misalnya, oke sieh, dia itu baik, berakhlak mulia, patuh, tidak sombong, gemar menabung (hehe..ngaco ah), mereka itu benar-benar ada, bukan fiktif, dan juga tidak bercela, tapi mereka bukan manusia, mereka gak punya nafsu, jadi patuh terus sama Allah, juga gak perlu makan, minum, dan menikah. Gimana mau menyontoh mereka? Untungnya Rasulullahitu manusia biasa, jadi apa yang dilakukan dan disuruhnya pasti kita mampu melakukannya. Rasul juga manusia…

4.    Data-data tentanngnya lengkap, akurat dan terpercaya.

       Gak seperti para selebriti atau tokoh-tokoh dunia yang lain (bukan dunia lain) yang kebanyakan riwayat hidupnya itu tumbuh dari gosip gossiiipp dan gooossseeeeppp…apalagi ada juga yang nyeritain riwayat hidupnya itu gak bener atau gak bisa dipercaya. Rasulullah secara akurat terekam dalam ribuan hadits yang telah dikumpulkan para ulama. Tingkat akurasinya? Jangan ditanya deh. Kalo seorang periwayat hadis ketahuan bokis alias bohong sama hewan piaraanya aja, saat itu juga riwayat darinya tidak akan dipercaya lagi oleh para ulama’ hadits. Nah kalo kita yang masih suka dengerin gosip atau bahkan ngegosip orang pasti gak bakalan diterima sebagai perawi hadits, dan itu gak mungkin, seperti kemungkinan gunung meletus karena terserang virus influenza. Huehehehe..betul gak tu?

 

Nah, semua alasan di atas, harusnya menguatkan kita untuk smakin bersemangat mengidolakan  Rasulullah Muhammad Saw. Konsekuensinya, adalah menncintai beliau dengan seabreg sifat mulia serta pengorbanan dan perjuangannya yang tiada tara.  Pertama, membenarkan setiap apa yang beliau kabarkan, kedua, patuh dan taat kepada segala perintahnya, ketiga menjadikan rasulullah sebagai teladan kita, dank ke empat, beribadah dengan mengikuti syariatnya…

Semoga bermanfaat, dan membuat kita semua selalu senantiasa meneladani Rasulullah sebagai idola terbaik sepanjang masa.

 

Disadur kembali dari buku METAMORPHORIA, Karena Berubah Menjadi Baik Itu Menyenangkan. Penerbit Puskomda FSLDK Soloraya, Mentoring Center Team, 1424 H

About ngoringofaternate

aku Wahyu, namaku Wahyudi A. Tarumadoya, anak ke dua dari ayah dan ibu yang berdarah asli Tidore, lahir tanggal 21 Juni 1987.### browsing, itulah sebabnya sebulan pulsa BB ku bisa habis sampe 100 ribu rupiah (gak nanya)...aku juga senang membaca, bacaan apa aja, yanng penting bermanfaat n aku paling senang sama buku sains dan buku komputer... yang mau kenalan dan berteman denganku bisa ke email satriamilitan.02@yahoo.co.id atau fb di satria militan , yang punya twitter, silahkan follow aku @satriamilitan aku kurang suka menulis, makanya kalo blog ini isinya kurang bagus, tolong dimaklumi ya, sekian perkenalannya... sanang baku kanal denng ngoni samua..
This entry was posted in Islami and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s