Telaga Taduma

Kelurahan Taduma yang ada di kecamatan Pulau Ternate, ternyata menyimpan sebuah telaga yang cantik

Waktu selesai isi kegiatan mentoring agama Islam, saya bersama beberapa orang mentee (anak-anak mentoring) saya pergi melakukan jalan-jalan di sebuah tempat yang sangat mengasyikkan, namanya telaga Taduma. Letaknya di Kelurahan Taduma, Kecamatan Pulau Ternate. Tidak ada yang tau nama sebenarnya dari tempat ini. Mungkin karena telaga ini berada di kelurahan Taduma, sehingga orang sering menyebutnya dengan nama telaga Taduma. selain itu, masih sedikit warga kota Ternate yang tau lokasi keberadaan telaga ini. Untuk mencapai ke tempat telaga itu, kita harus sedikit melakukan petualangan, pertama-tama kita akan melewati sebuah sekolah SMP, SMP negeri 11 namanya, kemudian jika kita membawa kendaraan, kita harus memarkirnya di sekitar rumah warga setemppat, kemudian melewati hutan perkebunan pala milik warga daerah sekitarnya, menyusuri kali mati, dengan bebatuan yang besar dan agak licin, masuk hutan lagi, hingga sampai ke tempat itu. Namun itu semua tidak akan menyurutkan langkah anda, yang berniat mengunjungi telaga itu. Di jamin, setelah sampai di telaga itu, semua penat teman-teman bakalan kabur deh…

Telaga ini berukuran tidak terlalu besar bahkan dibilang sangat kecil  untuk ukuran sebuah telaga, ukuran diameternya sekitar 3 meter,, berbentuk bulat, dengan kedalaman air sekitar 2 meter. Namun begitu, suhu airnya yang sangat dingin, plus tempatnya yang sangat sejuk dikelilingi oleh batuan cadas besar, utuh, dan pepohonan, membuat tempat ini menjadi sangat recommended banget untuk dikunjungi. Saya sendiri sudah pernah ke tempat ini, beberapa kali, bersama teman-teman saya, dan yang terakhir, bersama anak-anak mentoring saya. Waktu pertama dating di tempat itu, saya kagum juga, Subahanallah bangetsz, Maha Suci Allah,yang mengatur bebatuan serapi itu sehingga dia bisa menampung air di antara ceruk bebatuannya dan segala puji bagiNya, yang telah menciptakan tempat seindah itu di alam ini,

Buat teman-teman yang pengen main-main ke tempat itu, gak perlu takur nyasar, karena anda bisa meminta tolong sama salah seorang warga kampung di sekitar situ untuk mengantar anda sampai ke lokasi telaganya, biasanya anak-anak kecil di sekitar tempat itu yang paling banyak dimintai tolong untuk mengantarkan kita ke tempat itu, sambil boleh sekalian berkenalan dengan mereka. Saya sendiri ajah yang udah beberapa kali ke tempat itu, waktu terakhir kali ke sana, gak pernah hapal jalannya, eh, dikit sih, tapi kuatir nyasar, hehhe, makanya, saya meminta tolong sama seorang anak di tempat itu yang bernama Iki.

Nah, kalo kamu suka bertualang, jangan ragu-ragu untuk datang ke telaga ini, dijamin puas dah…tapi, harus ingat, jagalah lingkungan alam sekitar, jangan membuang sampah sembarangan, jangan coret-coret di dinding bebatuan sekitarnya, apalagi numbuk-numbuk batu di situ sampe hancur (ehhehhe…emang bisa??) ,intinya pokoknya jagalah alam.

Gambar

Gambar

About ngoringofaternate

aku Wahyu, namaku Wahyudi A. Tarumadoya, anak ke dua dari ayah dan ibu yang berdarah asli Tidore, lahir tanggal 21 Juni 1987.### browsing, itulah sebabnya sebulan pulsa BB ku bisa habis sampe 100 ribu rupiah (gak nanya)...aku juga senang membaca, bacaan apa aja, yanng penting bermanfaat n aku paling senang sama buku sains dan buku komputer... yang mau kenalan dan berteman denganku bisa ke email satriamilitan.02@yahoo.co.id atau fb di satria militan , yang punya twitter, silahkan follow aku @satriamilitan aku kurang suka menulis, makanya kalo blog ini isinya kurang bagus, tolong dimaklumi ya, sekian perkenalannya... sanang baku kanal denng ngoni samua..
This entry was posted in Ternate ma jang and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

