Lirik Lagu Tidore “So Goliho Laha”

gan, malam ini aku kangen banget ma Ternate,  pas lagi denger2 koleksi lagu-lagu daerah Ternate dan Tidore di laptop, jadi punya ide buat posting lirik lagu lagi…lirik lagu daerah Tidore. Lagu ini bagus banget, artinya juga bagus, dalemm banget..!!

lagunya bercerita tentang orang tua yang sedih karena harus melepaskan anak perempuannya yang akan menikah, dan tentu saja akan hidup bersama suaminya.. lagunya bagus, dinyanyiin sama seorang perempuan, gak tau nama penyanyinya… udah, nih lirik lagunya aku kasih.

Sogoliho Laha

Tosoninga ngori  ri kangela
Waktu mina mo kiau moju
To tede se to saha-saha
Se riduka sifutu se wange
Rinyinga si futu to yasi ena
Ri singsara to so bai ua
Oras nare mina mo lamo rai
Dadi  ngoi ri gya ma gali – gali
Nasib fo waje…. gatebe yali…
Jou madihutu wo catu rai
Ngori duga jaga nyota bato
Nange na re no oro raaii……
To lahi te ngona bato no duka mina ……
Gosa mina, palihara mina sado sonee….
To baso dagi ia si no paha rewa
Cako ifa, so dia ifa, no so goliho laha-laha…
Rinyinga si futu to yasi ena
Ri singsara to so bai ua
Oras nare mina mo lamo rai
Dadi  ngoi ri gia ma gali – gali
Nasib fo waje…. gatebe yali…
Jou madihutu wo catu rai
Ngori duga jaga nyota bato
Nange na re no oro raii……
To lahi te ngona bato no duka mina ……
Gosa mina, palihara mina sado sonee….
To baso dagi ia si no paha rewa
Cako ifa, so dia ifa, no so goliho laha-laha… 2x
Posted in songs n lyrics | Tagged , , , , , | Leave a comment

Mengenal Bahasa Ternate

Oleh : Busranto Abdullatif Doa, S.Pd
(Penutur aktif Bahasa Ternate)

 

SEJARAH & PERKEMBANGAN

 

Ternate merupakan salah satu daerah historis di kawasan timur Nusantara yang sejak dahulu telah banyak didatangi berbagai suku bangsa di dunia untuk berdagang rempah-rempah. Komunikasi yang dilakukan penduduk Ternate dalam interaksi kontak dagang dengan suku/bangsa lain di tempat ini menggunakan Bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar (Lingua Franca). Bahasa Melayu adalah satu-satunya bahasa pergaulan antara berbagai daerah di kepulauan Nusantara pada waktu itu. (C. Apituley Cs, Departemen Pendidikan & Kebudayaan, 1983)

 

Akibat adanya interaksi dengan bahasa-bahasa lain dari luar Maluku Utara, maka dengan sendirinya bahasa-bahasa tersebut mempengaruhi perkembangan bahasa Ternate, terutama dari bahasa Melayu. Banyak sekali kata-kata dari bahasa Melayu yang masuk dalam perbendaharaan bahasa Ternate, kemudian dianggap sebagai bahasa Ternate. Di daerah ini bahasa Melayu pada masa lampau hanya digunakan oleh kaum urban dan kalangan tertentu selain bahasa asli.

 

Pada masa pra–Islam, bahasa Ternate masih merupakan bahasa lisan, karena bahasa Ternate itu sendiri tidak mempunyai aksara (huruf). Seiring dengan perkembangan agama Islam di wilayah ini, maka istilah-istilah Bahasa Arab mulai masuk dalam perbendaharaan bahasa Ternate. Aksara Arab–Melayulah mulai dipakai untuk menuliskan bahasa Ternate (Arab Gundul). Bahkan sampai sekarang masih ada sejumlah kecil masyarakat Ternate (orang tua-tua) masih menggunakannya.

 

Contoh manuskrip kuno (Dokumen kesultanan)

 

Dahulu setiap penulisan dokumen kerajaan selalu menggunakan tulisan Arab berbahasa Ternate (Semua dokumen kesultanan dalam sejarah Ternate yang ditemukan menggunakan aksara Arab). Saat ini aksara Arab sudah jarang digunakan dalam tiap penulisan dokumen. Aksara Latin kemudian dipakai, bahkan lebih dominan penggunaannya seperti sekarang ini.

 

Contoh manuskrip kuno (Dokumen kesultanan)

 

Demikian pula adanya pengaruh beberapa bahasa lokal, seperti Bahasa Jawa juga terlihat dalam perbendaharaan bahasa Ternate, hal ini sebagai akibat dari adanya hubungan persahabatan dan perdagangan yang selama berabad-abad terjalin.


Salah satu contoh pengaruh bahasa Jawa, misalnya kata “Jara” (kuda), dahulu hewan jenis ini tidak ditemukan di Ternate, kuda waktu itu didatangkan oleh pemerintah VOC/Hindia Belanda dari pulau Jawa, sehingga penamaannya mengikuti asal-usul hewan ini didatangkan.

Pengaruh dari Bahasa Bugis (Sulawesi selatan) dan Bahasa Bare’e (Sulawesi tengah) juga terlihat dalam bahasa Ternate. Hal itu erat hubungannya dengan persahabatan yang dijalin antar Ternate dengan wilayah Sulawesi yang dahulu pernah menjadi bagian dari wilayah kesultanan Ternate.

Kehadiran Bahasa Portugis dan Bahasa Spanyol di Ternate bersamaan dengan kedatangan kedua bangsa Eropa ini di Ternate sejak awal abad ke-16 yang rupanya turut memperkaya khasanah perbendaharaan bahasa Ternate. Kata-kata dari bahasa Portugis yang masih dipakai hingga saat ini, misalnya; kadera (kursi), bandera (bendera), leper (sendok), alfiris (pembawa panji), stampa (mahkota), nama desa Kastela dll.

Bahasa Belanda merupakan bahasa asing yang paling lama dikenal di Ternate, namun hanya kata atau istilah yang bersangkut paut dengan urusan pemerintahan saja yang masuk dalam perbendaharaan bahasa Ternate, hal ini disebabkan karena sikap politik VOC/Hindia-Belanda yang dalam pergaulannya hanya membatasi diri pada kalangan tertentu. Sikap ini menyebabkan bahasa Belanda hanya dipakai dalam lingkungan yang sangat terbatas, yaitu lingkungan para pegawai VOC/Hindia Belanda baik orang belanda asli maupun pegawai dari pribumi (Walanda kotu).

Di Ternate, bahasa Belanda tidak dijadikan sebagai bahasa pergaulan dalam masyarakat sehari-hari pada saat itu. Bahasa Belanda juga digunakan di lingkungan kalangan elite dan bangsawan serta sering dipakai juga di lingkungan istana.

Demikian pula dengan kehadiran bangsa Inggris di Ternate. Meskipun kekuasaannya hanya singkat, namun Bahasa Inggris juga ikut memberi sumbangan kata-katanya ke dalam bahasa Ternate.

Bahasa Cina yang selama berabad-abad menjadi bahasa ekslusif di kalangan masyarakat pedagang Cina di Ternate tidak berpengaruh langsung dalam bahasa sehari-hari karena hanya dipakai di kalangan sendiri. Namun masih ada kata-kata dan beberapa istilah dari bahasa Cina yang masih dipakai oleh orang Ternate hingga saat ini adalah; sebutan “Ko” (Om), “Ci” (Tante), “sentiong” untuk lokasi pekuburan serta bebera istilah lainnya.

Pada masa pedudukan Jepang (Dai Nippon) selama tiga setengah tahun berkuasa, Bahasa Jepang secara insentif disebarluaskan ke seluruh lapisan masyarakat oleh tentara Jepang, namun bahasa ini di kalangan masyarakat Ternate tidak populer dan akhirnya lenyap bersamaan dengan berakhirnya masa pendudukan Jepang di tanah air.

Walaupun bahasa Ternate banyak dipengaruhi oleh bahasa Arab, Jawa, Bugis, Bare’e dan bahasa-bahasa Eropa selama masa pendudukan mereka di Ternate, baik itu Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris serta bahasa Asia lainnya, seperti bahasa Cina dan Jepang, namun sebagai suatu bahasa tutur yang independen, bahasa Ternate masih tetap memiliki aspek-aspek ke-bahasa-annya tersendiri.

KELOMPOK BAHASA DI TERNATE & HALMAHERA

Berdasarkan laporan hasil penelitian di Maluku Utara yang dilakukan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta pada tahun 1983, mengungkapkan bahwa bahasa Ternate merupakan bahasa induk dari berbagai bahasa daerah yang ada di Maluku Utara. (C. Apituley Cs, Departemen Pendidikan & Kebudayaan, 1983)

Penyebaran bahasa Ternate meliputi wilayah yang sangat luas, bahkan pengaruhnya hingga sampai di pulau Mindanao, kepulauan Sulu dan Sabah di Kalimantan Utara, sepanjang pantai Sulawesi Utara–Tengah–Tenggara, pulau Banggai, kepulauan Sula, pulau Waigeo, pesisir barat dan utara pulau Halmahera serta pulau Morotai dan sekitarnya.

Para ahli linguistic, berpendapat bahwa bahasa Ternate termasuk dalam rumpun bahasa Polinesia. Tetapi ada sebagian peneliti bahasa-bahasa daerah berpendapat bahwa bahasa Ternate juga dapat digolongkan dalam rumpun bahasa Austronesia. Pendapat yang kedua memiliki alasan bahwa banyak terdapat kesamaan dalam segi tata bahasa (pronouncitation dan vocabulary). Di Maluku Utara masih terdapat banyak ragam bahasa daerah dan hingga saat ini masih tetap eksis dan digunakan sebagai bahasa lokal di kawasannya masing-masing.

Selain penggolongan rumpun bahasa tersebut, maka berdasarkan wilayah penyebarannya, bahasa Ternate termasuk dalam kelompok bahasa Ternate–Halmahera. Artinya serumpun dengan berbagai bahasa daerah sekitarnya yang meliputi bahasa Ternate, bahasa Tidore dengan bahasa-bahasa lain yang terdapat di Halmahera barat dan utara.

Bahasa Ternate, bahasa Tidore dan bahasa-bahasa lain yang terdapat di Halmahera barat dan utara ini disebut dengan “Bahasa Kie se Gam”. Adapun bahasa-bahasa daerah yang termasuk ke dalam kelompok ini, adalah :

• Bahasa Ternate
• Bahasa Tidore
• Bahasa Ibu
• Bahasa Waiyoli
• Bahasa Tubaru
• Bahasa Madole
• Bahasa Tobelo
• Bahasa Loloda
• Bahasa Galela
• Bahasa Tololiku, dan
• Bahasa Isam

Di dalam bahasa-bahasa tersebut terdapat banyak sekali persamaan dalam perbendaharaan kata (vocabulary). Perbedaannya sangat tipis, hal ini terutama disebabkan oleh variasi, bentuk tekanan pengucapan dan logat/dialek yang digunakan pada masing-masing tempat.

Lambat-laun perkembangan bahasa Ternate seirama dengan perkembangan kekuasaan kesultanan Ternate, bahasa Ternate terus tumbuh dan berkembang hingga menemukan bentuknya sendiri, bahkan dijadikan sebagai bahasa pengantar (Lingua Franca) di kawasan Ternate dan Halmahera barat dan utara, kemudian berkembang lebih luas sampai di wilayah-wilayah yang berada di luar kawasan Maluku Utara.

Sebagai contoh kesamaan perbendaharan kata dan perbedaan dalam variasi, bentuk tekanan pengucapan dan logat/dialek yang digunakan antara bahasa-bahasa dalam kelompok bahasa Ternate–Halmahera, adalah :

Lepas dari persoalan masalah apakah bahasa Ternate termasuk rumpun bahasa Polinesia ataupun rumpun bahasa Austronesia namun kenyataannya bahwa selama berabad-abad hingga saat ini bahasa Ternate masih tetap hidup dan eksis sebagai bahasa tutur yang telah berusia ratusan tahun.

Dalam struktur bahasa Ternate terdapat beberapa ke-istimewa-an, yakni adanya “Kelamin Kata” dan “Perasaan Kata” seperti pada bahasa Jawa, yakni : bahasa Jawa Ngoko (bahasa kasar / sehari-hari) dan bahasa Jawa Kromo (bahasa halus / sopan). (lihat uraian BAB II).

Sebagai contoh, untuk menyebut kata “aku” dalam percakapan sehari-hari dengan orang yang sederajat, kita cukup menggunakan kata “ngori”. Tetapi bila kita berbicara dengan orang yang lebih tua atau dianggap lebih tinggi derajatnya, maka kita harus mengucapkan kata aku dengan menggunakan kata “fangare”, sebagai tanda merendahkan diri.

Apabila kita berbicara dengan orang yang dianggap sederajat, maka kita cukup menyebut kata “engkau” dengan menggunakan kata “ngana”, akan tetapi apabila lawan bicara tersebut lebih tua atau lebih tinggi derajatnya dengan kita, maka kita menyebutnya dengan menggunakan kata “Jou” atau “Jou-ngon”, sebagai tanda peghormatan.

Saat ini, salah satu kebijakan dari pemerintah kota Ternate yang telah memasukkan “Pelajaran Bahasa Ternate” dalam kurikulum sekolah dan mulai diajarkan pada setiap Sekolah Dasar di wilayah kotamadya Ternate patut disyukuri. Langkah seperti ini sudah lama dilakukan di daerah lain, misalnya di Propinsi Jawa Tengah dan Propinsi Jawa Timur diajarkan mata pelajaran Bahasa Jawa serta di Propinsi Jawa Barat dan Propinsi Banten diberikan mata pelajaran Bahasa Sunda.

Minimnya bahan ajaran dan referensi penunjang dari program Pemerintah Kota Ternate ini turut memotivasi penulis untuk menyusun buku “PENGANTAR BAHASA TERNATE” yang sementara ini masih dalam proses dirampungkan.

Perlu ditegaskan oleh penulis di sini kepada para pembaca, bahwa pengertian bahasa Ternate dibedakan atas dua pemahaman, yakni, Pertama; Dialek Ternate dan Kedua; bahasa Ternate itu sendiri.

Pemahaman pengertian pertama mengandung arti bahwa “dialek Ternate” (bahasa Ternate pasar), merupakan gaya bicara dan tekanan suara serta intonasi yang sering dipakai oleh masyarakat di Ternate walaupun dengan menggunakan bahasa Indonesia/Melayu yang kadang dicampur dengan beberapa kata bahasa asli Ternate termasuk beberapa istilah yang cuma ada di Ternate, misalnya ; Ngana (=Kamu), Kita (=Saya/tunggal), Kitorang (=kita orang/jamak), Tarada (=Tidak Ada).

Bahasa orang Ternate dalam pemahaman pengertian yang pertama ini sering mempersingkat sebuah kata, misalnya kata “Pergi”, sering disingkat menjadi “Pigi”, bahkan lebih disingkatkan lagi menjadi “Pi”, contoh lain misalnya “ikut” menjadi “iko”.

Contoh kata misalnya ; “Ngana mo pi iko pa kita ka tarada? (=Kamu mau ikut aku pergi atau tidak?). Pada pemahaman pengertian yang pertama ini, daerah-daerah yang mendapat pengaruh dari dialek ternate seperti dicontohkan di atas adalah; hampir seluruh daerah di Maluku bagian Utara, Manado (Sulawesi Utara), Papua Barat, bahkan sampai ke NTT.

Dalam pemahaman pengertian kedua; yaitu Bahasa Asli Ternate itu sendiri, yang terdiri dari kosa-kata yang hanya ada di dalam bahasa Ternate itu sendiri. Dialeknya tidak jauh berbeda dengan Bahasa Ternate Pasar. Yang membedakan adalah intonasi yang digunakan, misalnya intonasi masyarakat Ternate Selatan agak berbeda dengan yang di Ternate Utara, sedangkan penutur yang berada di pulau Hiri agak berbeda pula. Demiian juga dengan penutur bahasa Ternate di belahan lain di Maluku Utara.

PENUTUR BAHASA TERNATE

Berdasarkan tinjauan geogafis, pemakai bahasa Ternate yang terbanyak terdapat di pulau Ternate, pulau Hiri dan sebagian sebagian pesisir pulau Halmahera yang desanya berhadapan langsung dengan pulau Ternate.

1. Penutur aktif di Pulau Ternate

Mereka adalah seluruh penduduk asli di pulau Ternate, yaitu :

• Kp. Makassar dan sekitarnya (sebagian)
• Soa Sio dan sekitarnya (sebagian)
• Salero (sebagian)
• Kasturian (sebagian)
• Toboleu (sebagian)
• Ake Bo’oca (sebagian)
• Sabia (sebagian)
• Sangaji
• Gam Cim
• Toloko
• Dufa-Dufa
• Tubo
• Facei
• Akehuda
• Tafure
• Tabam
• Sango
• Tarau
• Kulaba
• Akeruru
• Tabanga
• Tobololo
• Sulamadaha
• Takome
• Loto
• Togafo
• Bandinga
• Afe
• Taduma
• Doropedu
• Ruwa
• Monge
• Lemo
• Amo
• Sasa
• Jambula
• Fitu
• Gambesi
• Kastela
• Foramadiahi dan sekitarnya
• Ubo-ubo (sebagian)
• Skep (sebagian)
• Marikurubu (sebagian)
• Torano (sebagian)
• Moya dan sekitarnya (sebagian)
• Buku Bandera (sebagian)
• dsb

2. Penutur aktif di luar Pulau Ternate

Mereka adalah penduduk di kecamatan pulau Hiri dan di daerah pesisir kabupaten Halmahera baratyang posisi desanya berhadapan langsung dengan pulau Ternate (dari selatan di perbatasan Dodinga ke utara hingga di Peot yang berbatasan dengan Loloda). Desa-desa tersebut adalah :

• Faudu
• Mado
• Togolobe
• Durari Isa
• Tomajiko
• Mayau (sebagian bahasa Sangir)
• Tifure (sebagian bahasa Sangir)
• Saria
• Bobo
• Payo
• Idam
• Bobanehena
• Galala
• Guwemaadu
• Gufasa (sebagian bahasa Melayu Pasar)
• Jalan Baru
• Gamlamo Jailolo
• Hatebicara
• Marimbati
• Tuada
• Mutui (sebagian di pesisir)
• Tataleka
• Tauro
• Duwongrotu
• Sidangoli Gam
• Sidangoli Dehe
• Bukubualawa
• Bobaneigo (sebagian bahasa Gorap)
• Pasirputih
• Dodinga
• Akesone
• Akelamo Kao
• Tetewang
• Biamaahi
• Ake Sahu
• Susupu
• Jarakore
• Balu
• Lako
• Sangaji
• Tacim
• Peot
• Taruba
• Sasur
• Tongute Ternate
• Gamici
• Gamlamo Ibu
• Gamkonora (sebagian bahasa Ibu)
• Talaga (sebagian bahasa Ibu)
• Gamsungi
• Tahafo, dan
• Bataka

KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA TERNATE

1. Kedudukan

Dalam hubungan dengan kedudukan Bahasa Indonesia, maka Bahasa Ternate sebagai bahasa tutur lisan yang terdapat di wilayah hukum Negara Republik Indonesia berkedudukan sebagai bahasa daerah. Kedudukan ini berdasarkan kenyataan bahwa bahasa daerah adalah salah satu unsur kebudayaan nasional yang dilindungi oleh negara, sesuai dengan bunyi penjelasan Pasal 36, Bab XV, Undang-Undang Dasar 1945.

2. Fungsi

Dalam kedudukannya sebagai bahasa daerah, maka Bahasa Ternate berfungsi sebagai :
1) Lambang kebanggaan daerah
2) Lambang identitas daerah
3) Salah satu unsur budaya
4) Alat perhubungan antar individu dalam keluarga & di masyarakat. (komunikasi lisan)
5) Media pesan moral dalam bentuk Sastra Lisan, Pantun Nasihat dan Dolabololo. (http://www.busranto.blogspot.com)

diposting kembali oleh: Wahyu A.T

Posted in Ternate ma jang | Leave a comment

Memotong Jaringan Orang Lain Dengan Netcut

Netcut. Apakah Anda pernah merasa kesal bermain wifi gara-gara koneksi internetnya yang lambat?, saking kesalnya anda pasti pengen marah2 sama penyedia hotspot, atau bahkan pengen motong kabel apa aja yang ada di sekitar anda (lebay deh!)

 Tidak perlu. Gunakan saja cara yang halus, Menggunakan Netcut yang memutuskan koneksi internet. Apakah Anda percaya bahwa Anda bisa memutuskan koneksi internet orang? Anda kan bukan operator. Anda harus percaya, karena Anda akan dapat melakukannya segera. Berikut langkah-langkahnya:

 
1. Download program NetCut. Karena tanpa program ini Anda tidak dapat melakukannya.
2. Silakan instal di komputer Anda.
3. Setelah selesai instalasi buka program netcut.
4. Ada alamat ip dan nama komputer.
5. Kemudian Anda pilih komputer (ip adress) mana yang akan Anda potong dengan mengklik cut off.

Lakukan dengan benar!! Sekarang Anda bisa. Saya harap Anda tidak menggunakannya untuk kejahatan. Gunakan dengan bijak. Gunakanlah jika Anda benar-benar kesal. hehe

 

Posted in tips dan trick | Tagged , , , | 2 Comments

Jamie Cullum

Gambar

JAMIE CULLUM LYRICS

“Mind Trick”

I missed the opportunity
To get you babe
To stay with me.
Never thought, I’d regret
The excuses that I’ve made
Like a song, it will fade

If there’s music in the night,
And it’s really, really right,
It’s the only thing I need.
It intoxicates your mind
All your troubles left behind
So come on and take my lead.
It’s not just me who feels it
Music plays a mind trick
Watch me forget about missing you

So I put my feelings out to dry
Love, one day again,
I’ll have to try.
Falling out, making up
It seems such a silly game
Why do I never gain?

If there’s music in the night,
And it’s really, really right,
It’s the only thing ohh I need.
It intoxicates your mind
All your troubles left behind
So come on and take my lead.
It’s not just me who feels it
Music plays a mind trick
Watch me forget about missing you

na na na’s……

If there’s music in the night,
And it’s really, really right,
It’s the only thing I need.
it intoxicates your mind
All your troubles left behind
So come on and take my lead.
it’s not just me who feels it
music plays a mind trick
watch me forget about missing you

na na na’s…. (watch me forget about missing you)

Posted in songs n lyrics | Tagged , , | Leave a comment

Telaga Taduma

Kelurahan Taduma yang ada di kecamatan Pulau Ternate, ternyata menyimpan sebuah telaga yang cantik

Waktu selesai isi kegiatan mentoring agama Islam, saya bersama beberapa orang mentee (anak-anak mentoring) saya pergi melakukan jalan-jalan di sebuah tempat yang sangat mengasyikkan, namanya telaga Taduma. Letaknya di Kelurahan Taduma, Kecamatan Pulau Ternate. Tidak ada yang tau nama sebenarnya dari tempat ini. Mungkin karena telaga ini berada di kelurahan Taduma, sehingga orang sering menyebutnya dengan nama telaga Taduma. selain itu, masih sedikit warga kota Ternate yang tau lokasi keberadaan telaga ini. Untuk mencapai ke tempat telaga itu, kita harus sedikit melakukan petualangan, pertama-tama kita akan melewati sebuah sekolah SMP, SMP negeri 11 namanya, kemudian jika kita membawa kendaraan, kita harus memarkirnya di sekitar rumah warga setemppat, kemudian melewati hutan perkebunan pala milik warga daerah sekitarnya, menyusuri kali mati, dengan bebatuan yang besar dan agak licin, masuk hutan lagi, hingga sampai ke tempat itu. Namun itu semua tidak akan menyurutkan langkah anda, yang berniat mengunjungi telaga itu. Di jamin, setelah sampai di telaga itu, semua penat teman-teman bakalan kabur deh…

Telaga ini berukuran tidak terlalu besar bahkan dibilang sangat kecil  untuk ukuran sebuah telaga, ukuran diameternya sekitar 3 meter,, berbentuk bulat, dengan kedalaman air sekitar 2 meter. Namun begitu, suhu airnya yang sangat dingin, plus tempatnya yang sangat sejuk dikelilingi oleh batuan cadas besar, utuh, dan pepohonan, membuat tempat ini menjadi sangat recommended banget untuk dikunjungi. Saya sendiri sudah pernah ke tempat ini, beberapa kali, bersama teman-teman saya, dan yang terakhir, bersama anak-anak mentoring saya. Waktu pertama dating di tempat itu, saya kagum juga, Subahanallah bangetsz, Maha Suci Allah,yang mengatur bebatuan serapi itu sehingga dia bisa menampung air di antara ceruk bebatuannya dan segala puji bagiNya, yang telah menciptakan tempat seindah itu di alam ini,

Buat teman-teman yang pengen main-main ke tempat itu, gak perlu takur nyasar, karena anda bisa meminta tolong sama salah seorang warga kampung di sekitar situ untuk mengantar anda sampai ke lokasi telaganya, biasanya anak-anak kecil di sekitar tempat itu yang paling banyak dimintai tolong untuk mengantarkan kita ke tempat itu, sambil boleh sekalian berkenalan dengan mereka. Saya sendiri ajah yang udah beberapa kali ke tempat itu, waktu terakhir kali ke sana, gak pernah hapal jalannya, eh, dikit sih, tapi kuatir nyasar, hehhe, makanya, saya meminta tolong sama seorang anak di tempat itu yang bernama Iki.

Nah, kalo kamu suka bertualang, jangan ragu-ragu untuk datang ke telaga ini, dijamin puas dah…tapi, harus ingat, jagalah lingkungan alam sekitar, jangan membuang sampah sembarangan, jangan coret-coret di dinding bebatuan sekitarnya, apalagi numbuk-numbuk batu di situ sampe hancur (ehhehhe…emang bisa??) ,intinya pokoknya jagalah alam.

Gambar

Gambar

Posted in Ternate ma jang | Tagged , , , | Leave a comment

Kisah Shalawat Nabi Muhammad saw

Anda pasti meneteskan air mata mendengar berita ini. Terutama permohonan Malaikat Israfil kepada Allah swt.

Rasulullah saw telah bersabda bahwa, “Malaikat Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail as telah berkata kepadaku.

Berkata Jibril as: “Wahai Rasulullah, barang siapa yang membaca selawat ke atasmu tiap-tiap hari sebanyak sepuluh kali, maka akan saya bimbing tangannya dan akan saya bawa dia melintasi titian seperti kilat menyambar.”

Berkata pula Mikail as: “Mereka yang bershalawat ke atas kamu akan aku beri mereka itu minum dari telagamu.”

Berkata pula Israfil as: “Mereka yang berselawat kepadamu akan aku sujud kepada Allah swt dan aku TIDAK AKAN mengangkat kepalaku sehingga Allah swt mengampuni orang itu (yang bershalawat).”

Malaikat Izrail as pula berkata: “Bagi mereka yang berselawat ke atasmu, akan aku cabut ruh mereka itu dengan selembut-lembutnya seperti aku mencabut ruh para nabi-nabi.”

Apakah kita tidak cinta kepada Rasulullah saw? Para malaikat memberikan jaminan masing-masing untuk orang-orang yang berselawat ke atas Rasulullah saw.

Dengan kisah yang dikemukakan ini, kami harap para pembaca tidak akan melepaskan peluang untuk berselawat ke atas junjungan kita Nabi Muhammad saw.

Mudah-mudahan kita menjadi orang-orang kesayangan Allah, Rasul dan para malaikat.

Bacaan shalawat Nabi sangat beragam, ini adalah satu dari beragam itu.

Ya Nabi Salam Alaika Ya Rasul salam alaika Ya Habiib salam alaika Shalawatullah alaika.

Dalam Al-Qur’an Allah swt. berfirman: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. (QS. Al-Ahzab: 56)

Nabi Muhammad saw. bersabda: “Bershalawatlah kamu kepadaku, karena shalawat itu menjadi zakat penghening jiwa pembersih dosa bagimu.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Murdawaih)

Dari Abu Hurairah ra. diberitakan Nabi Muhammad saw bersabda: “Janganlah kamu menjadikan rumah-rumahmu sebagai kubur dan menjadikan kuburku sebagai persidangan hari raya. Bershalawatlah kepadaku, karena shalawatmu sampai kepadaku dimana saja kamu berada.” (HR. An-Nasai, Abu Dawud dan Ahmad serta dishahihkan oleh An-Nawawi)

Posted in Islami | Tagged , | Leave a comment

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Sebel juga, pas mau donlot program koneksi internetnya lelet banget, buat kamu-kamu yang pengen koneksi internetnya cepat, gak usah bertapa di jere Jerbus bray!, nih saya kasih ilmunya, semoga berhasil..
Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan DNS
• Buka Control Panel
• Pilih Network and Sharing Center
• Klik Local Area Connection > Klik Properties
• Pilih Internet Protocol (TCP/IP) > Klik Properties
• Klik Use the following DNS server addresses
• Isi Preferred DNS server dengan angka : 208.67.222.222
• Isi Alternate DNS server dengan angka : 208.67.220.220
• Klik OK
Google Public DNS is a free
8.8.8.8
8.8.4.4
DNS Open DNS
208.67.222.222
208.67.220.220
DNS DNSadvantage
156.154.70.1
156.154.71.1
DNS ScrubIt
67.138.54.100
207.225.209.66
Speedy Telkom DNS Server
202.134.2.5
203.130.196.5
202.134.0.155
202.134.1.10
202.134.0.62
202.159.32.2
202.159.33.2
202.155.30.227

Nah bagaimana koneksi internet kamu sekarang ? Apakah secepat yang diharapkan, jika masih lemot juga salahkan operator penyedia layanan internet tersebut :p

Sekedar saran saja dari blog ini, sekarang saya menggunakan layanan Telkomsel Flash. Dengan paket internet Rp. 60ribu dapet 2.5 GB per bulan, kecepatan akses internet lumayan cepat. Tapi jika kouta sudah habis, siap-siap deh ngisi pulsa lagi. Untuk pemakaian wajar hanya untuk browsing saya kira cukup untuk satu bulan. Terimakasih sudah membaca artikel yang berjudul Cara Mempercepat Koneksi Internet, semoga bermanfaat

Posted in tips dan trick | Tagged , , | Leave a comment

LIRIK LAGU BIMBANG – MELLY GOESLAW

Pernah dengar lagu ini gak, bray?suka banget denger lagu ini, ini lagu yang paling aku sukai di antara semua soundtrack film Ada Apa Dengan Cinta?  Lirik yang dalam dipadu sama petikan gitarnya keren banget n melody yang manis bikin lagu ini jadi most recomended deh buat telinga agan-agan sekalian..karena aku baik banget, nih aku ngasih lirik sama kort lagunya, biar bisa dinyanyiin pake gitar (buat yang tau main gitar).

Bimbang – Melly Goeslaw

Intro : E A E B
E A E
Pertama kali aku tergugah
E A G#
Dalam setiap kata yang kau ucap
C#m G#
Bila malam tlah datang
B F# F#m B
Terkadang ingin ku tulis semua perasaan

E A E
Kata orang rindu itu indah
E A G#
Namun bagiku ini menyiksa
C#m G#
Sejenak ku fikirkan
B F# F#m
untuk ku benci saja dirimu
B E
Namun sulit ku membenci

A G#m C#m
Pejamkan mata bila
F#m B E
kuingin bernafas lega
A B G#m C#m
Dalam anganku aku berada
F#m B E
disatu persimpangan jalan yang sulit kupilih

Int : E A E B
E A E A

E A E
Ku peluk semua indah hidupku
E A G#
Hikmah yang ku rasa sangat tulus
C#m G#
Ada dan tiada cinta
B F#
bagiku tak mengapa
F#m B
Namun ada yang hilang
E
separuh diriku

Posted in songs n lyrics | Tagged , , , , , , , , , , | Leave a comment

RASULULLAH IDOLA KITA

Rasulullah Saw, Idola Terbaik Sepanjang Zaman

Mengapa kita Harus Mengidolakan Muhammad Saw?

Apa yang bakalan teman-teman jawab, kalo pada suatu hari yang cerah, angin bertiup sepoi-sepoi, burung-burung berkicau, sinar matahari menerobos ranting pohon (ihs, gak penting dech!) ada seseorang yang bertanya seperti ini, “ siapa sih idola kamu?” yakin, mayoritas agan-agan semua bakalan ngejawab dengan tegas dan lantang bagai seorang panglima di Medan Sumatera Utara (*lho??), “ Rasulullah Saw!” dan sebagian yang lain, pasti bakalan nyebutin para tokoh-tokoh lain, yang diidolakannya, mulai dari tokoh olahraga, tokoh politik, tokoh ilmuwan, tokoh musik, tokoh kelontong (hehehe..sori, kalo yang ini maksudnya “toko”).

Tapi…bagi teman-teman yang ngejawab, “ Rasulullah” bisa yakin juga?, kalo apa yang diucapin tadi bisa selantang yang ada di dalam hati? Atau jangan-jangan kamu ngejawab gitu, supaya gak dicap sebagai Islam abangan (padahal Islam abangan kan statusnya lebih senior daripada Islam adekan). Supaya tau jawaban kamu tadi beneran atau jawaban jadi-jadian, gampang kok, jawab aja pertanyaan lanjutannya, “kalo idolamu Rasulullah, kenapa kamu mengidolakannya,?apanya yang keren dari Rasulullah, apa aja yang udah kamu tiru darinya?”

Coba liat deh, teman-temanmu yang dengan bangga menjadikan seleb-seleb luar dan dalam nnegeri sebagai idola mereka. Demi nunjukin cintanya pada sang idolanya, mereka rela ngerebonding rambut, masang anting di lidah sama pusar, mentato sekujur tubuh, pake baju yang kekurangan bahan dan laen-laen yang bisa membuat mereka semakin mirip sama idolanya. Sementara kamu yang ngaku mengidolakan rasulullah bahkan nggak tau gimana model rambut Rasulullah (tapi hapal jumlah helai rambutnya David Beckham: kalo lagi botak,hehehe), trus kamu juga gaj tau baju warna apa yang paling disukainya, gak tau cara berjalannya, cara makannya, cara bicaranya, makan kesukaannya. Intinya, kamu gak tahu apa-apa soal Rasulullah! Trus dari mana kamu bisa ngaku ngefans sama Rasulullah? Dari Hongkong?!!

Kenapa Harus dia?!

Nah lo, di sinilah pentingnya kita perlu tahu, kenapa kita harus mengidolakannya, soalnya, kan banyak orang berprestasi di dunia ini?!. Dalam bukunya Gue Never Die, mas Salim A. Fillah, seorang idola setidaknya harus memenuhi empat syarat berikut:

1.   Dia itu tokoh nyata, bukan Fiksi

       Kasian, mereka yang mengidolakan Harry Potter pasti kesusahan, soalnya mereka pasti gak bisa terbang pakesapu dan main Quidditch sepertinya, paling-paling Cuma bisa make kostum sihir dan sapu terbang. Tapi aneh kan, kalo jalan-jalan ke mall pake kostum tersebut, pak bawa sapu segala lagi..! beruntung bangetz kalo dipanggil nenek sihir atau kakek sihir, tapi kalo sampe dikirain petugas sapu jalan? Gimana? Atau orang yang mengidolakan Barbie Rapunsell, dia bakalan ngerogoh koceknya mulai jutaan sampai milyaran rupiah, hanya biar bisa punya penampilan seperti miss Barbie, tapi kita kemana-kemana kan gak mungkin pake kostum seprti it uterus menerus, atau yang mengidolakan Naruto, dia harus bisa lari-lari dengan kedua tangan arahkan ke belakang sambil loncat-loncat dari satu dahan pohon ke dahan pohon yang lain..

       Raslullah bukan tokoh fiktif bray! Gak berasal dari negeri dongeng, semua ahli sejarah mengakui keberadaannya dan mengakui kepiawaiannya, membangun dan mengatur dunia Arab dari keterpurukan masa jahiliyah. Kita juga gak perlu nyari kostum yang macam-macam kan? Pakaiannya sederhana aja koq, tapi bersih, rapi, dan wangi.

2.    Tidak bercela

       Gawat kan kalo idola kita berbuat salah dan kita ngikut juga?! Seperti peribahasa, guru kencing berdiri, murid kencing bersalto (improvisasi) makanya kita butuh idola yang semua tingkah lakunya tidak bercela.

       Hitler emang bukan tokoh fiksi, tapi alangkah bahayanya kalo mengidolakannya, sebentar-sebentar tangan kita pada kram, karena seharian gak nembak orang. Gimana dengan Rasulullah, beliau bukan tidak pernah berbuat salah, tapi ketika berbuat salah, beliau langsung ditegur dan diluruskan sama Allah Subhanahu wa ta’ ala. Istilah kerennya ma’shum. Ini Allah lakukan karena rasul kita emang disiapkan untuk jadi patron seluruh umat sampai kiamat nanti.

3.    Manusia biasa.

       Ngapain ngidolain yang gak bakalan kesampaian? Malaikat misalnya, oke sieh, dia itu baik, berakhlak mulia, patuh, tidak sombong, gemar menabung (hehe..ngaco ah), mereka itu benar-benar ada, bukan fiktif, dan juga tidak bercela, tapi mereka bukan manusia, mereka gak punya nafsu, jadi patuh terus sama Allah, juga gak perlu makan, minum, dan menikah. Gimana mau menyontoh mereka? Untungnya Rasulullahitu manusia biasa, jadi apa yang dilakukan dan disuruhnya pasti kita mampu melakukannya. Rasul juga manusia…

4.    Data-data tentanngnya lengkap, akurat dan terpercaya.

       Gak seperti para selebriti atau tokoh-tokoh dunia yang lain (bukan dunia lain) yang kebanyakan riwayat hidupnya itu tumbuh dari gosip gossiiipp dan gooossseeeeppp…apalagi ada juga yang nyeritain riwayat hidupnya itu gak bener atau gak bisa dipercaya. Rasulullah secara akurat terekam dalam ribuan hadits yang telah dikumpulkan para ulama. Tingkat akurasinya? Jangan ditanya deh. Kalo seorang periwayat hadis ketahuan bokis alias bohong sama hewan piaraanya aja, saat itu juga riwayat darinya tidak akan dipercaya lagi oleh para ulama’ hadits. Nah kalo kita yang masih suka dengerin gosip atau bahkan ngegosip orang pasti gak bakalan diterima sebagai perawi hadits, dan itu gak mungkin, seperti kemungkinan gunung meletus karena terserang virus influenza. Huehehehe..betul gak tu?

 

Nah, semua alasan di atas, harusnya menguatkan kita untuk smakin bersemangat mengidolakan  Rasulullah Muhammad Saw. Konsekuensinya, adalah menncintai beliau dengan seabreg sifat mulia serta pengorbanan dan perjuangannya yang tiada tara.  Pertama, membenarkan setiap apa yang beliau kabarkan, kedua, patuh dan taat kepada segala perintahnya, ketiga menjadikan rasulullah sebagai teladan kita, dank ke empat, beribadah dengan mengikuti syariatnya…

Semoga bermanfaat, dan membuat kita semua selalu senantiasa meneladani Rasulullah sebagai idola terbaik sepanjang masa.

 

Disadur kembali dari buku METAMORPHORIA, Karena Berubah Menjadi Baik Itu Menyenangkan. Penerbit Puskomda FSLDK Soloraya, Mentoring Center Team, 1424 H

Posted in Islami | Tagged , , , , | Leave a comment

Lirik Lagu SATU TETES AER SUSU

Halo gan, jojaru deng ngongare Ternate, perrnah dengar lagu ini gak?? “Satu Tetes AEr Susu”…Subahanallah..lagunya bagus banget, liriknya juga bagus, kalo denger sambil dihayati lagunya, pasti mata kalian para agan2 pada banjir, ….lagu ini pertama kali dinyanyiin sama mendiang Leo Colling, kemudian dinyanyiin lagi sama adik Arjuna, anak SDN Maliaro yang pernah diundang nyanyi sama Presiden SBY di peringatan HUT RI  ke 66 di Istana Negara…aku punya liriknya nih, kalo lagunya tunggu aja yah, insya Allah nanti di Posting..

SATU TETES AER SUSU

dipopulerkan oleh: Leo Colling

satu tetes air susu… mama…ee

bikin beta sampe basar bagini…

masih kecil suka bawela, dipangku mama

manangis banyaa, mama buju deng manyanyi

deng kaeng sarung mama gendong beta ee

tangan mama sapu-sapu di kapala..

manangis padede deng babanting

mama sabar..seng inga makan seng itdor

asal jaga mama pung sayang eee,,

reff:

satu tetes aer susu ..mama…

beta hidup deng puluh taon mama

mana bisa beta lupa eee..

mana bisa beta manyangkal eee

satu tetes aer susu mama..

beta hidup so jadi orang mama

biar deng kaeng kabaya busu ee

mama tetap beta pung mama ee…

 

deng kaeng sarung mama gendong beta ee

tangan mama sapu-sapu di kapala..

manangis padede deng babanting

mama sabar..seng inga makan seng itdor

asal jaga mama pung sayang eee,,

(kembali ke reff)

Keren kan liriknya..??mudah-mudahan bisa  bermanfaat, minimal bisa nambahin koleksi lirik lagu agan-agan sekalian..syukur dofu-dofu

I love you mom, I love my Parents, n I love my family

Gambar

Posted in songs n lyrics | Tagged , , | Leave a comment